Headlines
Loading...
Padi Organik, Gebrakan Inovatif Kades Kresek dan Petani untuk Tingkatkan Kesejahteraan

Padi Organik, Gebrakan Inovatif Kades Kresek dan Petani untuk Tingkatkan Kesejahteraan


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Kepala Desa (Kades) Kresek, Kec. Kresek, Kab. Tangerang Saidul Milad, SIP bersama petani setempat kini tengah gencar mengembangkan tanaman padi organik. Tanaman padi ini, selain ramah lingkungan, diyakini akan meningkatkan pendapatan para petani. 


Menurut Saidul Milad, saat ini pihaknya mengandeng tokoh petani setempat, Wali Wardhana mengujicobakan padi organik di lahan seluas satu hektare. 


"Sudah empat kali panen, hasilnya luar biasa bagus. Per kilo, kita bisa jual Rp20 ribu," ujar Saidul Milad didampingi Sekdes Kresek, H. Syamsul.


Melalui tokoh petani Wali Wardana, pihaknya akan menularkan pengetahuan bertani padi organik kepada warga yang lain. 


Sementara, Wali Wardana mengatakan bahwa bertani organik menghemat biaya pengolahan lahan pertanian. Sebab, untuk pupuk, pihaknya memanfaatkan sampah organik. 


"Dari limbah sampah organik diolah menjadi pupuk cair dan disemprotkan ke tanaman padi. Jadi, selain bisa mengatasi masalah sampah, juga bisa meningkatkan produktifitas pertanian," katanya.


Di sisi lain, Sekdes Kresek H. Syamsul mengatakan bahwa pihak Pemdes secara bertahap juga akan menunjang sarana produksi pertanian. Diantaranya saluran irigasi. 


"Saat ini ada sumur pompa yang dikelola desa. Dan ke depan, kami akan terus mengupayakan penataan irigasi bekerjasama dengan pihak-pihak terkait," tambahnya.


Ananta/TiMS


0 Comments: