Headlines
Loading...
Kapolda Banten Pimpin Apel Pemberangkatan Tradisi Pengambilan Air Suci Sambut HUT Bhayangkara ke-78

Kapolda Banten Pimpin Apel Pemberangkatan Tradisi Pengambilan Air Suci Sambut HUT Bhayangkara ke-78


SERANG, INFOTERBIT.COM - Sambut HUT Bhayangkara ke-78, Polda Banten melaksanakan pengambilan air suci dalam rangka pencucian Pataka Polda Banten di mata air Cihunjuran Pandeglang pada Kamis (06/06/2024). Kegiatan ini dipimpin Kapolda Banten Irjen Pol. Abdul Karim didampingi PJU Polda Banten.


Dalam amanatnya Kapolda Banten mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai kemuliaan Tribrata dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-78. “Pengambilan air suci ini nantinya akan dipakai untuk pensucian pataka Polda Banten Gawe Kuta Baluwarti serta untuk pensucian panji-panji Tribrata Polri di tingkat Mabes,” kata Kapolda Banten.


Kapolda Banten menjelaskan, air suci itu diambil dari mata air Cihunjuran yang merupakan situs cagar budaya peninggalan kerajaan Salakanagara di Pandeglang. Mata air Cihunjuran terletak di kaki Gunung Pulosari.


Mata air ini memiliki nilai budaya bagi masyarakat setempat dan sering digunakan untuk kegiatan keagamaan dan menjadi bagian penting dari kehidupan dan identitas lokal.


"Pengambilan air suci tersebut selain dilakukan oleh personel Polda Banten dan melibatkan tokoh adat setempat. Tujuannya untuk kelancaran prosesi kegiatan" ujar Irjen Pol. Abdul Karim.


Kapolda juga menyampaikan bahwa air suci tersebut perupakan simbol kesucian dan keberkahan yang diharapkan dapat menjadi amunisi spiritual dalam menjalankan tugas Kepolisian untuk melayani masyarakat setulus hati.


"Oleh karena itu saya berharap semangat Bhayangkara  yang tumbuh dari tradisi ini dapat menginspirasi anggota Kepolisian untuk tetap menjunjung tinggi etika, integritas, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai pelindung melayan dan pengayom masyarakat," ungkap Kapolda.


Ananta/TiMS


0 Comments: