Headlines
Loading...
Rakernis Bidhumas Polda Banten; Bangun Hubungan Baik dengan Media hingga Tingkat Polsek

Rakernis Bidhumas Polda Banten; Bangun Hubungan Baik dengan Media hingga Tingkat Polsek


SERANG, INFOTERBIT.COM - Bidhumas Polda Banten menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakenis) bersama Polres jajaran dengan tema “Mendukung komunikasi dalam menciptakan situasi keamanan yang kondusif guna menghadapi dinamika dan isi nasioanal jelang Pemilu 2024” yang dilaksanakan di Rupatama Polda Banten pada Rabu (10/05).


Kegiatan Rakernis tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Didik Hariyanto didampingi  para Kasubbid Bidhumas Polda Banten. Adapun hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Bawaslu Provinsi Banten Ali Faisal, content creator Novianusselva (Rambo Banten), Sekjend PWI Banten Bapak Nasrudin, jurnalis Metro TV Wibowo.


Dalam Sambutannya, Didik menyampaikan tujuan dari Rakernis tersebut. “Bahwa dalam rangka menyamakan persepsi di bidang publikasi informasi yang berkualitas sebagai upaya meningkatkan sumberdaya manusia rakyat Indonesia pada umumnya dan khususnya masyarakat Banten melalui pemberitaan, konten-konten media sosial yang bersifat informatif dan edukatif dengan tujuan untuk merubah gaya hidup maupun prilaku masyarakat menuju kepada hal-hal yang sesuai dengan norma serta peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ucap  Didik.


Dimana diketahui unsur pengawasan dan pembantu pimpinan di bidang Humas meliputi fungsi kehumasan yaitu pengelolaan data, informasi dan dokumentasi secara terpadu, diseminasi informasi tentang kinerja positif Polri. 


“Dalam pelaksanaan program tersebut, sasaran prioritas Bidhumas Polda Banten adalah untuk membangun hubungan baik dengan media. Humas adalah garda terdepan implementasi Quick Wins 2023 terutama manajemen media di seluruh Satker mulai dari Mabes Polri hingga seluruh Polsek," ujarnya.


Selanjutnya melaksanakan analisis media online maupun medsos, memaksimalkan pengelolaan medsos resmi Polri sebagai priorias saluran informasi pendukung citra positif Polri sebagai prioritas Polri serta melakukan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.


Menjelang Pemilu 2024 dan agenda nasional tahun 2023, Bidhumas Polda Banten siap melakukan beberapa langkah strategis. “Beberapa langkah strategis yaitu peningkatan pemantauan terhadap isu-isu sensitif dan menonjol yang berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas maupun penurunan kepercayaan publik, peningktan kegiatan yang bersifat cooling system dan maupun pencegahan polarisasi masyarakat.


Berikutnya peningkatan komunikasi koordinasi dan kolaborasi dengan instansi terkait, mendorong fungsi kehumasan agar dimiliki oleh setiap anggota Polri, bukan hanya anggota Bidhumas saja, dan terkahir penyederhanaan komunikasi publik,” ujar Didik.


Menyikapi agenda tersebut diatas tentunya perlu adanya peningkatan kemampuan atau capacith building bagi personel Polda Banten dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu,  dalam rakernis ini telah mengundang para pakar baik dibidang jurnalistik, content crator, reportase serta badan pengawas Pemilu sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan peserta Rakernis di bidang kehumasan.


Hms/Ananta/TiMS


0 Comments: