Headlines
Loading...
Simulasi Gunung Anak Krakatau Erupsi Hingga Tsunami, TNI AL Koarmada I Latihan Siap Siaga Atasi Bencana

Simulasi Gunung Anak Krakatau Erupsi Hingga Tsunami, TNI AL Koarmada I Latihan Siap Siaga Atasi Bencana


CILEGON, INFOTERBIT.COM - TNI AL Koarmada l menggelar Latihan Operasi Penanggulangan Bencana T.A 2021. Kegiatan ini diadakan di Pelabuhan Indah Kiat Kota Cilegon Banten, Jum'at (15/10/2021).


Dalam latihan, disimulasikan Gunung Anak Krakatau erupsi hingga menyebabkan Tsunami di wilayah perairan Selat Sunda. Warga pun dievakuasi petugas penyelamat ke tempat yang lebih aman menggunakan berbagai alat penyelamatan seperti kapal hingga helikopter.


Begitulah giat simulasi latihan operasi penanggulangan bencana yang digelar TNI AL Koarmada l.


Panglima Komando Armada l Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E.,M.A.P., saat membuka latihan di Kolat Koarmada I mengatakan, latihan tersebut sebagai salah salah satu bentuk sinergi antara TNI dan Pemerintah Daerah serta penjabaran tugas operasi militer selain perang TNI dalam rangka membantu penanggulangan akibat bencana alam dan membantu pencarian serta pertolongan (SAR) secara cepat dan tepat guna meminilisir jumlah korban.


Latihan Penanggulangan Bencana Alam meliputi gladi posko di Kolat Koarmada l dan Mako Lanal Banten. TFG dan manuver lapangan dilaksanakan di Dermaga Indah Kiat Kota Cilegon Banten dan Perairan Selat Sunda dengan melibatkan unsur-unsur dari Koarmada l, Lantamal lll, Lanal Banten, KRI TSG 536, KAL Anyer, 2 PATKAMLA Lanal Banten, 15 perahu karet dan helikopter Fanther TNI AL, dan instansi terkait seperti Basarnas Cilegon, Direktorat Polairud Polda Banten, BPBD Provinsi Banten, KSOP Banten serta, PMI Cilegon pendukung lainnya.


"Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi kontijensi yang terjadi berkaitan dengan bencana alam. Sekaligus mengecek kesiapan seluruh personel dan kelengkapan sarana prasarana pendukung serta keterpaduan dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam yang bisa terjadi kapan saja," ujar Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto, M.Tr.,Hanla selaku Dansatgas SAR.


Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, dalam apel gelar kesiapan menyatakan, kegiatan ini untuk melatih para peserta latihan dalam merencanakan dan melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam yang dapat diprediksi dalam hal ini misalkan letusan gunung berapi dan tsunami skala kecil.


"Selain itu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan prajurit Lanal Banten tentang pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP) dalam tugas membantu penanggulangan bencana alam pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan dengan menggunakan metode gladi posko," ungkapnya.


SAR/TiMS


0 Comments: