Headlines
Loading...

Foto ilustrasi Pilkades

TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Satu dari empat desa di Kecamatan Gunung Kaler yang menggelar hajat pesta demokrasi yakni Desa Sidoko. 


Menariknya, di desa ini, jumlah calon kades yang muncul paling banyak diantara desa lainnya yakni 5 orang. 


Kelimanya adalah Suheri, Sahroni, H. Subarta Aji Wijaya, Muhamad Ghozin dan Abdurrozak. Diketahui, Abdurrozak adalah calon kades petahana.


Ketua Jurnalis Nasional Indonesia (JNI) Kabupaten Tangerang Sopian Hadi mengatakan, banyaknya calon Kades yang muncul di Desa Sidoko bisa jadi disebabkan karena warga menghendaki pemimpin alternatif. 


"Bisa jadi karena warga mendukung tokoh-tokoh lain untuk maju dengan harapan mereka mendapat pemimpin alternatif melalui Pilkades," ungkap Sopian.


Fenomena kalahnya calon kades petahana juga terjadi pada tahun 2019 lalu dalam Pilkades Serentak Kab. Tangerang tahun 2019. 


Menurut salah satu tokoh jurnalis Kab. Tangerang ini, kalahnya petahana bisa dikarenakan sejumlah alasan. Salah satunya ialah mengenai kinerja. “Mereka ingin sosok baru yang memimpin desa dengan harapan kinerjanya lebih maksimal," ungkap Sopian.


Jadi, katanya, tidak ada jaminan calon kades petahana punya posisi kuat untuk bisa terpilih kembali. Apalagi, pemilih alias warga saat ini sudah melek track record para calon Kades. "Mereka sudah bisa memilah, siapa yang layak jadi calon kepala desa," ujarnya.


ANANTA/TiMS





0 Comments: