Headlines
Loading...
Ziarah ke Makam Ki Buyut Beji di Terumbu Kasemen Kota Serang

Ziarah ke Makam Ki Buyut Beji di Terumbu Kasemen Kota Serang


SERANG, INFOTERBIT.COM - Kota Serang Banten dikenal dengan wisata religinya. Di daerah ini, banyak tempat ziarah yang bisa dikunjungi.

Salah satunya adalah Makam Ki Buyut Beji terletak di Kp. Terumbu Kelurahan Terumbu Kecamatan Kasemen Kota Serang Banten.

Menurut pengurus makam Ki Buyut Beji, Khuseini, banyak peziarah yang datang tidak hanya berasal dari Provinsi Banten saja, tapi juga luar daerah. "Mereka datang untuk berziarah," ujar Khuseini, Sabtu Sabtu (27/6/2020).

Dia menceritakan, Ki Buyut Beji adalah juga dikenal dengan nama Ki Terumbu. Beliau merupakan ulama besar Banten pada abad 15 sebelum Sultan Maulana Hasanudin menjadi Sultan di kerajaan Banten.

"Semasa hidupnya, Ki Buyut Beji meng-Islam-kan Banten. Beliau tinggal di Kampung Padadaran yang kini bernama Kampung Terumbu," ujarnya.

Dikatakan Khuseini, dirinya sudah menjadi pengurus di penziarahan Ki Buyut Beji sudah hampir 25 tahun. "Saya menjaga pemakaman Ki Buyut Beji mengantikan almarhum bapak saya," katanya.

Saat ini, akses jalan masuk ke peziarahan Ki Buyut Beji di Kampung Terumbu, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang sudah diperbaiki.

Perbaikannya dilakukan oleh Pemkot Serang untuk memudahkan para peziarah mengunjungi lokasi makam yang saat ini menjadi salah satu wisata religi di Ibu Kota Provinsi Banten itu.

Penulis: Asep Wijaya
Editor: Ananta

2 komentar

  1. Alhamdulilah. Saya ketemu sanad
    Madari bin sakim bin kiman bin abdullah bin a.mustofa bin ki mas buang terumbu bin buyut beiji..subhanallah

    BalasHapus