Headlines
Loading...
Ssttt...! Ada Desa di Kec. Kronjo Mau Bawa Stafnya ke Bogor, Plesiran yang Dibungkus Kegiatan Peningkatan Kapasitas?

Ssttt...! Ada Desa di Kec. Kronjo Mau Bawa Stafnya ke Bogor, Plesiran yang Dibungkus Kegiatan Peningkatan Kapasitas?

Foto ilustrasi Tugu Kecamatan Kronjo (foto infoterbit.com)

TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Sejumlah Pemerintah Desa (Pemdes) biasanya menggelar acara family gathering menjelang akhir tahun. Ajang ini dikemas dalam Kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa.


Sumber InfoTerbit menjelaskan, ada salah satu desa di Kecamatan Kronjo yang sudah mulai bersiap-siap akan menggelar kegiatan di Bogor Jawa Barat. Kegiatannya akan dilaksanakan bulan November 2023.


"Nama kegiatannya Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa, tapi ini sebenarnya lebih ke Family Gathering, karena keluarga masing-masing perangkat desa juga ikut. Dananya berasal dari Dana Desa," ujar sumber InfoTerbit yang enggan disebut namanya ini.


Ungkapan sumber ini disampaikan kepada InfoTerbit mengomentari berita InfoTerbit berjudul : "Kabareskrim Polri Ungkap Korupsi Dana Desa, Dipakai Kades dan Pejabat Desa Plesiran" yang terbit pada Minggu 29 Oktober 2023.


Dalam berita itu disebutkan, Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada mengungkapkan bahwa praktik korupsi di Indonesia tidak hanya terbatas pada pejabat pemerintah pusat, melainkan juga merasuki tingkat desa.


Pejabat di tingkat desa kerap menggunakan dana desa untuk kepentingan pribadi, seperti perjalanan dinas yang tidak relevan. Meskipun ia tidak merinci daerah-daerah yang terlibat dalam praktik ini.


“Dana desa dikumpulkan untuk plesiran, seolah-olah studi banding ke suatu tempat. Hal-hal yang tidak boleh dilakukan,” ujar Kabareskrim.


Menurut Sumber InfoTerbit itu, kegiatan Family Gathering yang dikemas dalam peningkatan kapasitas bukan hanya berlangsung tahun ini saja. "Tahun sebelumnya juga sama, ada kegiatan jalan-jalan," katanya.


Untuk itu, pihaknya juga meminta agar Aparat Penegak Hukum melakukan pengawasan kegiatan ini. Tujuannya agar jangan sampai ada Dana Desa yang dipakai untuk kepentingan pribadi dan mengesampingkan kepentingan masyarakat desa.


Ananta/TiMS



0 Comments: