Headlines
Loading...
Festival Tabuh Beduk di Kecamatan Teluknaga Tangerang Berlangsung Meriah

Festival Tabuh Beduk di Kecamatan Teluknaga Tangerang Berlangsung Meriah


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Untuk mendukung kreativitas anak muda dan tradisi adat budaya, Karang Taruna (Katar) Kecamatan Teluknaga dan KNPI mengadakan Festival Tabuh Beduk ke-32 di Alun-Alun Kecamatan Teluknaga, Sabtu siang (29/4/23).


Kegiatan yang dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, H Kholid Ismail ini berlangsung meriah.


Turut hadir dalam kegiatan Camat Teluknaga Zam-Zam Manohara, Kapolsek Teluknaga AKP Zuhri dan Ketua Apdesi Teluknaga Subur Maryono. 


Festival tingkat kecamatan yang diadakan setiap satu tahun sekali ini, diikuti 32 peserta dari berbagai desa yang berada di Kecamatan Teluknaga. Yang bertujuan untuk melestarikan budaya islami dan menjalin tali silaturahmi usai idul fitri 1444 Hijriah. 


"Ini luar biasa sekali, karnaval dalam rangkaian festival tabuh beduk, saya berikan apresiasi yang setinggi-tingginya buat panitia penyelenggara," ucap H Kholid di lokasi tabuh beduk. 


Menurut H Kholid, festival tabuh beduk ada nilai-nilai budaya yang harus dilestarikan disetiap daerah dijaman era globalisasi ini, untuk menjalin tali silaturahmi saat suasana idul fitri dan menjadi contoh bagi daerah lain. 


"Festival ini perlu dilestarikan, ini merupakan kerjasama yang bagus dan luar biasa sekali, patut kita tiru di momen masih nuansa lebaran ini mampu merapatkan barisan dari berbagai elemen masyarakat," tuturnya. 


H Kholid menyebut, festival tabuh beduk merupakan ide semangat untuk para remaja dan dewasa untuk berkreasi serta melestarikan budaya disetiap desa. Dan juga untuk mengembangkan bakat kaum remaja yang gemar tabuh beduk. 


"Tabuh beduk ini tentunya bisa memberikan inovasi untuk masyarakat Kecamatan Teluknaga, tentunya dengan beberapa inspirasi dan inovasi yang dikedepankan anak muda kelompok-kelompok di mushola dan masjid tergantung di tabuh beduk," ucapnya. 


Di lokasi yang sama, Camat Teluknaga Zam-Zam Manohara sangat mensupport kegiatan festival tabuh beduk yang diselenggarakan Katar dan KNPI, yang merupakan adat budaya umat islam yang diadakan setiap satu tahun sekali. 


"Saya ucapkan selamat, sukses serta apresiasi untuk pemuda Kecamatan Teluknaga diwadah Katar dan KNPI, yang sudah agendakan festival tabuh beduk yang merupakan tradisi adat budaya di Kecamatan Teluknaga," ujarnya. 


Sementara itu Ketua Katar Kecamatan Teluknaga, Prayogo Ahmad Zaidi mengatakan, bahwa festival tabuh beduk diadakan untuk menyambung tali silaturahmi antar umat beragama khususnya umat islam, dan membangun karakter untuk para remaja yang baik. 


"Tabuh beduk ke 32 tahun ini kami adakan untuk jalin silaturahim antar umat beragama terutama umat muslim karena ini bernuansa islami. Selain itu ada nilai-nilai karakter yang kami bangun untuk para remaja agar tidak tawuran," ujarnya. 


Lanjut Prayogo menjelaskan, bahwa festival tabuh beduk tingkat Kecamatan Teluknaga telah diikuti 32 peserta dari berbagai mushola dan masjid. Akan tetapi kata Prayogo, setelah pihaknya melakukan audisi sebelum idul fitri yang tersisa hanya 15 peserta. 


"Peserta yang daftar ada 32, akan tetapi setelah kami adakan audisi saat malam takbiran, yang berhasil maju ke  ke final hanya 15 peserta dari berbagai mushola dan masjid yang berada di Kecamatan Teluknaga," paparnya.


Tabrani/TiMS


0 Comments: