Headlines
Loading...
Kisah Marbot Masjid yang Rumahnya Ambruk, Kini Tinggal di Bekas Kandang Kambing

Kisah Marbot Masjid yang Rumahnya Ambruk, Kini Tinggal di Bekas Kandang Kambing


PANDEGLANG, INFOTERBIT.COM - Jangankan layak huni, gubuk tempat tinggal Nurmin tidak bisa dikatakan sederhana. Sebab, tempat tinggal sejak rumahnya ambruk itu sangat memprihatinkan.


Seperti diberitakan sebelumnya, Nurmin adalah pria berusia 60 tahun yang sehari-hari menjadi marbot masjid. 


Pada Jumat 18 November 2022 jam 4.00 pagi, rumahnya di Kp. Pinang Desa Cibungur Kec. Sukaresmi Kabupaten Pandeglang ambruk akibat diguyur hujan disertai angin kencang.


Kini, dia tinggal di bekas kandang kambing agar bisa berteduh dari hujan dan terik matahari. Dia menyulap kandang kambing yang berukuran kurang lebih 2x3 meter untuk dijadikan tempat tinggal.


Kondisi gubuk itu sangat memprihatinkan. Dinding dari bilik bambu tampak sudah lapuk. "Kalau hujan turun, airnya langsung membahasi tempat tidur saya," kata Nurmin, Selasa (22/11/2022).


Kisah dirinya memperbaiki bekas kandang kambing untuk rumahnya karena dia kebingungan setelah rumahnya ambruk tidak punya tempat tinggal.


Katanya, dulu dia mengurus beberapa ekor kambing milik orang lain di belakang rumahnya. Lalu dia membuat kandang yang ukurannya 2x3 meter. Sayangnya, kambing yang dulu dipelihara sudah tidak ada karena dijual oleh pemiliknya.


Tapi siapa sangka, kandang yang kosong itu kini malah jadi tempat tinggalnya sejak rumahnya ambruk. 


"Saya sudah tua, tidak punya pekerjaan tetap. Jadi tidak punya uang untuk memperbaiki rumah saya yang ambruk," katanya.


Bahkan, untuk memenuhi makan minum sehari-hari hanya mengandalkan belas kasihan para tetangga. Tidak sedikit tetangga yang merasa kasihan terhadap dirinya dengan memberikan makanan. 


Meski tidak lagi bekerja, Nurmin tipikal orang yang tidak mau tinggal diam. Sehari-hari membantu bersih-bersih dan menyapu masjid, tak jauh dari tempat tinggalnya.


Kanim, Ketua BPD Desa Cibungur Kec. Sukaresmi mengatakan di desanya, selain rumah Nurmin yang roboh, juga ada rumah roboh lainnya milik Ratmi, seorang janda yang memiliki dua anak. Dia berharap agar kedua warganya segera mendapat bantuan perbaikan rumah.


Sekretaris Desa Cibungur Dani mengatakan, robohnya rumah Nurmin sudah dilaporkan ke pihak Kecamatan Sukaresmi. "Sudah ada bantuan dari lumbung sosial Kecamatan Sukaresmi berupa terpal dan sembako," katanya.

 

 JNI/TiMS



0 Comments: