TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Info Mangrove Nusantara (IMANU) InfoTerbit Grup menanam seribu bibit mangrove di sepanjang Sungai Cimanceuri Kp. Selatip Kemiri Kab. Tangerang hingga muara pesisir utara Tangerang, Sabtu (17/7/2021).


Seperti diketahui, IMANU adalah komunitas peduli lingkungan hidup yang dilahirkan oleh media InfoTerbit.com di bawah Manajemen Terbit Media Sindikasi (TiMS).


Penanaman seribu mangrove ini hasil kerjasama IMANU InfoTerbit Grup bersama Pemerintah Kec. Kemiri, Pemdes Lontar, Indonesia Power PLTU Banten 3 Lontar, Puskesmas Kemiri dan Seafood 98.



Turut hadir ikut melakukan penanaman mangrove Kades Lontar Dodi Rissi Slamet dan istri, Ketua Mapuca H. Makdis Adhari, aktifis dari Kelompok Mangrove Tunas Harapan, Koperasi KBN dan segenap elemen masyarakat setempat.


Founder TiMS/IMANU InfoTerbit Grup, Ananta mengatakan, pihaknya akan melakukan penanaman 10 ribu bibit pohon mangrove jenis Rhizophora apiculata mulai sepanjang Sungai Cimanceuri hingga pesisir Lontar secara bertahap. 


"Untuk tahap awal hari ini, kita menanam seribu bibit mangrove dulu. Nanti akan kita lakukan tahapan penanaman selanjutnya," kata Ananta.



Koordinator Kegiatan, Hasan yang juga Pimred InfoKemiri.com mengatakan, misi IMANU melakukan penanaman mangrove di pesisit Selatip agar menjaga kelestarian tanaman ini untuk mencegah abrasi laut yang selalu berulang setiap tahun.


"Karena itu, IMANU hadir melaksanakan konservasi, edukasi sekaligus memberi informasi betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup," katanya.



Kepala Desa Lontar, Kec. Kemiri, Dodi RS mendukung penuh program yang dilaksanakan oleh IMANU InfoTerbit Grup. Ia juga mengajak warga ikut membantu menjaga kelestarian lingkungan agar wilayah Desa Lontar asri dan bebas dari abrasi laut.


"Kami berterima kasih atas hadirnya IMANU InfoTerbit Grup di Desa kami dan menjadi motor penggerak pelestarian lingkungan hidup. Saya berharap, warga dapat bersinergi dan turut serta membantu program-program lingkungan hidup yang digulirkan IMANU InfoTerbit Grup," kata Dodi.


TiMS