Headlines
Loading...
Selamat Hari Kartini, Inilah 12 Quotes dan Kata-kata Bijak RA Kartini untuk Direnungkan

Selamat Hari Kartini, Inilah 12 Quotes dan Kata-kata Bijak RA Kartini untuk Direnungkan


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - RA Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. Kelahirannya di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879, saat ini diperingati setiap tahunnya (21 April) sebagai Hari Kartini.

   

Dalam perjuangannya, Kartini ingin agar wanita di Indonesia mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Tidak dipingit seperti dirinya. 


Kartini menuangkan pikirannya yang visioner di masa itu melalui tulisan. Surat-surat yang dikirim kepada sahabatnya dikumpulkan dan dibukukan oleh Jacques Abendanon pada tahun 1911.


Buku itulah yang kemudian menjadi karya RA Kartini yang sangat terkenal dengan judul "Habis Gelap Terbitlah Terang"


Berikut 12 quotes dan kata-kata bijak RA Kartini untuk direnungkan : 


1. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.


2. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.


3. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu


4. Ibu adalah pusat kehidupan rumah tangga. Kepada mereka dibebankan tugas besar mendidik anak-anaknya, pendidikan akan membentuk budi pekertinya.


5. Ia tidak wajib patuh kepada siapapun, siapapun juga, kecuali terhadap suara batinnya, hatinya.


6. Dalam tangan anaklah terletak masa depan dan dalam tangan ibulah tergenggam anak yang merupakan masa depan itu. 


7. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba, jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.


8. Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.


9. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.


10. Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!


11. Tetapi sekarang ini, kami tiada mencari pelipur hati pada manusia, kami berpegangan teguh-teguh pada tangan-Nya. Maka hari gelap gulita pun menjadi terang dan angin rebut pun menjadi sepoi-sepoi.


12. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.


TiMS


0 Comments: