Headlines
Loading...
Pangkalan TNI AL Banten Gelar Upacara Hari Armada RI di Mako Lanal Kota Cilegon

Pangkalan TNI AL Banten Gelar Upacara Hari Armada RI di Mako Lanal Kota Cilegon


CILEGON, INFOTERBIT.COM - Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten melaksanakan upacara Hari Armada RI Tahun 2021, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Banten, Kota Cilegon, Senin (06/12/2021). 


Upacara peringatan Hari Armada RI dipimpin langsung oleh Komandan TNI AL Banten, Kolonel Laut (P) Budi Iryanto, M.Tr. Hanla diikuti oleh seluruh Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan ASN Lanal Banten.


Peringatan Hari Armada tahun ini mengusung tema “Armada RI Ksatria Pengawal Samudera untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju”.


Upacara terpusat di Mako Koarmada II Surabaya tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.


Dalam amanatnya, Kasal mengatakan, sebagai ksatria pengawal samudera, Armada RI harus mampu menunjukan kekuatan yang akan menggetarkan kawan maupun lawan, terlebih pihak-pihak yang berniat untuk merongrong kedaulatan dan mengganggu kepentingan negara di laut. 


"Satu yard-pun tidak akan kita mundur karena tidak ada tawar-menawar untuk urusan menyangkut kedaulatan dan kehormatan bangsa. Prinsip ini harus kita pegang teguh selamanya, meskipun nyawa yang menjadi taruhannya," ujar Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.


Sebagai prajurit Jalasena, Armada RI harus siap setiap saat dalam menjalankan amanat rakyat menjaga lautan nusantara. Karena kita adalah tulang punggung kembalinya kejayaan maritim Indonesia. 


Seperti yang pernah dikatakan oleh Bung Karno dalam pidatonya, “Bangsa Indonesia Tidak Bisa Menjadi Bangsa Yang Kuat, Tidak Bisa Menjadi Negara Yang Kuat, Jika Tidak menguasai Samudera, Jikalau Tidak Kembali Menjadi bangsa Maritim”. 


Oleh Karena itu, bila ingin menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara yang kuat, Armada RI harus mampu mengawal dan melindungi setiap yard lautan nusantara.


Dalam rangkaian pelaksanaan Hari Armada RI di Lanal Banten mengadakan beberapa rangkaian kegiatan.


Diantaranya, melaksanakan kunjungan ke Warakauri dan bakti sosial kepada Purnawirawan dan PHL Lanal Banten. Selanjutnya kegiatan donor darah, melaksanakan beberapa perlombaan yang diikuti oleh prajurit dan Jalasenastri diantaranya lomba lempar tali buangan, lomba estafet dampra, lomba tiup peluit, lomba bola voli  dan lomba bongkar pasang senjata, yang dilaksanakan dengan penuh semangat baik secara perorangan ataupun kelompok mewakili Satker masing-masing. 


Selanjutnya dilaksanakan juga kegiatan karya bakti bersih pantai, dan ziarah rombongan di TMP Ciceri Kota Serang.


Sar/Ananta/TiMS


0 Comments: